Menu

Mode Gelap

Politik · 22 Mei 2023 19:43 WIB ·

Berpengalaman Dalam Urusan Politik, Sugandi Akan Bersaing Dengan Yasman Yasir


 Berpengalaman Dalam Urusan Politik, Sugandi Akan Bersaing Dengan Yasman Yasir Perbesar

Mangrove.id | Susunan daftar bakal calon legislatif dari Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Teluk Bintuni, patut di waspadai dan diperhitungkan dalam kontestasi pemlihan umum pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dengan masuknya Sugandi sebagai salah satu bakal calon yang diusung DPC PPP Teluk Bintuni, sangat membuka peluang partai berlambang ka’bah ini sebagai kuda hitam yang akan bersanding dengan Golkar dan PDI Perjuangan.

Sugandi direkrut PPP sebagai bakal caleg untuk mendulang suara di dapil 1 Bintuni. Pengusaha minyak yang pernah duduk sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, diketahui memiliki basis massa yang solid di akar rumput.

“Sugandi orang yang cukup berpengalaman dalam urusan politik. Sosoknya sangat sederhana, tapi patut diperhitungkan,” kata Yohanes Akwan, pengamat politik Papua kepada media ini, Minggu (21/5/2023).

Di internal PPP, posisi Sugandi akan bersaing ketat dengan Yasman Yasir alias Baso, Ketua DPW PPP Papua Barat yang juga maju sebagai caleg Teluk Bintuni di dapil 1. Persaingan diprediksi berlangsung sengit, mengingat keduanya adalah sama-sama petarung.

Namun posisi Sugandi akan lebih diuntungkan dengan statusnya sebagai pengusaha yang belum memikul beban politik, sehingga lebih lepas dalam bergerak. Sebaliknya, Yasman Yasir alias Baso, akan berusaha meraih suara minimal untuk mempertahankan posisinya sebagai anggota dewan.

“Apalagi statusnya sebagai Ketua DPW PPP. Ini yang menarik karena, Ketua DPW memiliki beban apa bila tidak bisa mempertahankan posisi suaranya seperti tahun lalu. Ini beban politik yang dipikul Baso saat berhadapan dengan Sugandi yang relatif fre. Baso adalah petarung, namun Sugandi lebih bebas bertarung, karena tidak memiliki beban,” kata Yohanes Akwan.

Persaingan di internal partai untuk sama-sama mendulang suara terbanyak, akan menjadi pendongkrak posisi PPP di eksternal. Yohanes Akwan meyakini, PPP akan mampu bersanding dengan Partai Golkar, PDI Perjuangan maupun Nasdem.

Elektabilitas partai PDI Perjuangan, Golkar dan Nasdem yang sedang naik, perlu mewaspadai pergerakan PPP yang terus membangun konsolidasi untuk menaikkan posisi tawar agar bisa bersaing di posisi puncak.

Meskipun selisih perolehan kursi saat ini masih di pegang oleh Nasdem dan Golkar, nNamun akan terjadi pergeseran dimana PDI Perjuangan dan Golkar akan di tempel oleh Nasdem yang disusul dengan PPP sebagai pemenang ke empat.

“Sebaliknya, jika tidak diantisipasi PPP bisa muncul sebagai pemenang ketika menggeser Nasdem dengan posisi PDI Perjuangan diposisi pertama, Golkar diposisi kedua dan PPP diposisi ketiga pada pemilu 2024. Partai Nasdem semakin sulit mengejar dominasi PDI Perjuangan dan Golkar,” kata Anes Akwan. (Susi)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 374 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aksi di Bawaslu, Jen Fimbay Sebut Bawaslu akan Tindaklanjuti Aduan Nasdem

11 Maret 2024 - 21:32 WIB

Anisto Bersyukur Golkar Raih Suara Terbanyak di Pileg 2024

9 Maret 2024 - 12:51 WIB

Hasil Pileg Teluk Bintuni 2024, Golkar Pastikan Posisi Puncak

9 Maret 2024 - 09:56 WIB

Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni

29 Februari 2024 - 11:01 WIB

Tinjau PSU di 5 TPS, Kapolres: Antusias Warga Tidak Berkurang

25 Februari 2024 - 10:43 WIB

KPU Teluk Bintuni Apresiasi Langkah Cepat Polres Tertibkan Miras

31 Januari 2024 - 18:43 WIB

Trending di Politik
error: Content is protected !!